Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Tumbang Mujam Dilanda Banjir, Sandung Turun Temurun Ikut Terdampak

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 25 Februari 2024 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Desa Tumbang Mujam, Kecamatan Tualan Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dilanda banjir. Kondisi itu mengakibatkan Sandung di desa tersebut ikut terdampak.

Musibah tersebut dilaporkan salah satu warga melalui sebuah video. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim meneruskan dan membenarkan hal itu.

"Ini salah satu dampak banjir di Desa Tumbang Mujam, salah satu fasilitas umum yaitu sandung yang turun temurun ikut terendam," kata seseorang dalam video tersebut.

Tampak Sekretaris Desa setempat turut memantau banjir terekam dalam video berdurasi 50 detik itu.

Sandung adalah tempat menyimpan tulang bagi orang yang sudah meninggal dan sudah diberlakukan upacara Tiwah oleh Suku Dayak yang beragama Kaharingan di Kalimantan.

Sandung menjadi kearifan lokal di desa tersebut, menyimpan kurang lebih 100 tulang belulang. Ketinggian air di sekitar sandung Desa Tumbang Mujam mencapai 70-80 centi meter dari permukaan jalan. 

"Jembatan jalan desa yang menghubungkan RT 01 dengan RT 02  ketinggian 40cm dari permukaan jalan," kata seorang dalam video tersebut.

Sementara itu, berdasarkan laporan BPBD Kotim banjir yang menggenangi Desa Tumbang Mujam dengan tinggi muka air 70 centi meter berdampak kepada 151 kepala keluarga.

"Banjir telah meluas ke 20 desa. Sebagian data masih proses pengumpulan. Ada beberapa wilayah belum bisa kami capai karena sulitnya akses," kata Multazam. (DEWI PATMALASARI/Y)

Berita Terbaru