Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Arahkan Gapoktan Jual Hasil Panen Cabai di Pasar Saik

  • Oleh Norhasanah
  • 28 Februari 2024 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara arahkan hasil panen cabai dari gapoktan untuk dijual langsung ke Pasar Saik, sehingga pasokan dan harga diwilayah Sukamara tetap stabil.

Sekda Sukamara Rendi Lesmana mengatakan, cabai merupakan salah satu komoditi yang mempengaruhi terjadinya inflasi, mengingat pergerakan harga yang cepat terjadi dipasaran. 

“Kita akan mengarahkan panen untuk cabe dari masing-masing gapoktan yang ada selama ini untuk tetap bisa dijual langsung di Pasar Saik, ini nanti akan diintervensi oleh dinas terkait,” ucap Rendi Lesmana saat diwawancara, Rabu, 28 Februari 2024.

Menurut dia, tujuan mengarahkan gapoktan untuk menjual hasil panen ke Pasar Saik  agar  harga cabai menjelang Ramadan tetap stabil dan tidak terjadinya kekosongan yang dapat memicu terjadinya inflasi. 

“Jadi nanti hasil panen akan dibawa dan dijual disana, untuk tetap menjaga agar salah satu komuditi, contohnya adalah cabe yang biasanya di bulan Ramadan akan naik, sehingga tetap akan tersedia pasokannya dan harganya. Mudah-mudahan cabe kita tetap akan normal harganya,” ujarnya.

Rendi menambahkan, upaya menekan inflasi, pemerintah Kabupaten Sukamara akan melakukan pembangian Beras Cadangan Pemerintah (BCP) yang akan dibagikan kemungkinan pada H-3, H-4 atau H-5.

“Saya rasa kalau untuk BCP itu mungkin sementara cukuplah untuk menjaga pasokan dan keperluan masyarakat pada saat bulan Ramadan. Jadi untuk beras cadangan pemerintah itu masih ada di Bulog, dan jumlahnya sesuai dengan jumlah penerima manfaat. Jadi kalau mau kita bagikan maka langsung bawa satu hari sebelum didistribusikan,” tukas Rendi Lesmana. (NORHASANAH/H)

Berita Terbaru