Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Terkait Penghargaan Adipura ke-13, Begini Kata Pj Bupati Kobar

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 06 Maret 2024 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kabar gembira datang dari ibu Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah karena meraih penghargaan Adipura Tahun 2023 ke-13 pada Selasa, 5 Maret 2024 di Auditorium Dr Soejarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta. 

Atas penghargaan tersebut, pemerintah daerah menggelar acara arak-arakan Piala Adipura 2023 mengelilingi daerah ibu kota Pangkalan Bun, Kecamatan Arut Selatan yang dilanjutkan dengan penyambutan di halaman Kantor Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat.

Pj Bupati Kobar, Budi Santosa mengucapkan terima kasih kepada semua elemen masyarakat terutama seluruh tim kebersihan dan petugas ruang terbuka hijau dalam kontribusinya menciptakan lingkungan bersih dan nyaman.

"Alhamdulillah kita mendapatkan kembali penghargaan Adipura ke-13, sebelum kita berangkat saya adakan rapat di rumah jabatan untuk mengevaluasi terkait penghargaan ini," ujar Budi.

"Ternyata ada beberapa petugas kebersihan kita honor hariannya masih terlalu rendah hanya 65 ribu sehari, makanya dari tahun kemaren sebelum saya datang ke sini, saya prihatin, tapi kondisi APBD sangat tidak memungkinkan, insyaallah karena ada kenaikan, nilainya masih kita kompromikan," sambungnya dengan meneteskan air mata.

Lebih lanjut, dia menyampaikan walaupun sudah mendapatkan penghargaan Adipura ke-13 Tahun 2023, pemerintah masih memiliki tugas di tahun 2024 untuk mengurangi minimal 30 persen. 

"Ini tugas berat pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat untuk melaksanakan intruksi pusat dalam mengurangi sampah plastik, makanya kita dorong lah tembusan-tembusan apakah memungkinkan misalkan dengan kertas atau lainnya," tutur Budi. 

Dia mengatakan, bahwa dirinya melihat beberapa warga yang masih membuang sampah sembarang tempat. "Saya jujur saja sering menemukan di depan sport center itu orang yang keluar jalan-jalan sore sambil ngelempar sampah di pinggir jalan, ini kan budaya yang kurang baik," ungkapnya. 

Untuk itu, ia meminta agar seluruh elemen masyarakat, insan pers, mahasiswa, pelajar, dan anak muda lainnya agar menjaga kebersihan dan lingkungan sekitarnya. (NURITA/Y)

Berita Terbaru