Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir Rendam Lokasi Wisata dan Pemukiman di Palangka Raya

  • Oleh Pathur Rahman
  • 06 Maret 2024 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Banjir yang melanda Palangka Raya tidak hanya merendam pemukiman warga, tetapi juga komplek wisata Dermaga Kereng Bangkirai. Ketinggian air di lokasi wisata tersebut bervariasi antara 1 hingga 16 cm.

Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya Hendrikus Satriya Budi mengatakan, banjir di komplek wisata itu terjadi akibat luapan Sungai Sabangau. Banjir juga menggenangi jalan titian yang menghubungkan antar gazebo, ruang tunggu dermaga, dan Jalan Maduhara sepanjang 500 meter.

"Kami bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbudpora) Kota Palangka Raya melakukan pemantauan ketinggian debit air di lokasi wisata tersebut," kata Hendrikus, Rabu, 6 Maret 2024.

Menurut Hendrikus, ada enam rumah warga di Kelurahan Sabaru, Kecamatan Sabangau, yang terendam air dengan kisaran 2 hingga 10 sentimeter. Warga yang terdampak banjir masih bertahan di rumah masing-masing.

Hendrikus mengimbau warga yang tinggal di bantaran sungai untuk tetap waspada dan siaga menghadapi potensi banjir. Ia juga meminta warga untuk menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

"Kami terus berkoordinasi dengan instansi terkait dan pihak-pihak yang membantu penanganan banjir. Kami berharap banjir segera surut dan kondisi kembali normal," pungkasnya. (PATHUR/H)

Berita Terbaru