Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Timur Terus Berupaya Kendalikan Inflasi

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 07 Maret 2024 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemkab Barito Timur bekerja sama dengan Perum Bulog Cabang Buntok terus berupaya menekan laju inflasi salah satunya dengan mengadakan pasar penyeimbang di beberapa lokasi. Pasar penyeimbang kali ini diadakan di Pasar Tani Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Barito Timur.

"Bahan pokok yang dijual adalah beras jenis SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan)
sebanyak 10,5 ton. Beras ini dijual dengan harga Rp55 ribu per 5 kilogram," ungkap Kabid Ketahanan Pangan dan Agribisnis Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Barito Timur, Hartano, di sela kegiatan pasar penyeimbang, Kamis, 7 Maret 2024.

Hartano mengaku, pihaknya telah melakukan inspeksi mendadak di pasar beberapa hari lalu dan diketahui komoditas penyumbang inflasi adalah beras sehingga diadakan pasar penyeimbang hari ini.

"Sasaran pasar penyeimbang ini adalah masyarakat tidak mampu, namun tidak menutup kemungkinan jika ada ASN, TNI dan Polri hendak membeli beras di pasar penyeimbang diperbolehkan," jelasnya.

Senada Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Barito Timur Berson menjelaskan, pasar penyeimbang itu untuk menekan inflasi dan menstabilkan harga beras di pasaran terutama menjelang bulan Ramadan.

"Kami berharap dengan diselenggarkan pasar penyeimbang ini harga beras kembali stabil dan angka inflasi bisa turun," katanya. (BOLE MALO/Y)

Berita Terbaru