Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Minta Pemda Dukung Penguatan Ketahanan Pangan di Desa

  • Oleh Donny Damara
  • 08 Maret 2024 - 10:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Kuwu Senilawati meminta pemda baik provinsi, kabupaten dan kota di Kalteng untuk dapat mendukung penguatan ketahanan pangan di wilayah desa.

Menurut Kuwu, penguatan ketahanan pangan di wilayah desa sangat penting guna memastikan pasokan pangan yang mencukupi bagi masyarakat secara luas khususnya di Bumi Tambun Bungai.

"Karena desa merupakan lokasi strategis untuk mengembangkan sektor pangan, dan tidak hanya pangan di desa yang tercukupi tapi juga secara menyuruh di daerah," ucapnya, Jumat, 8 Maret 2024.

Dalam mendukung itu maka pemda perlu bekerja sama dengan pihak terkait, seperti Dinas Pertanian dan Dinas Pangan, untuk mengembangkan program-program yang dapat meningkatkan produksi pangan di desa-desa.

Kuwu juga menekankan pentingnya pendampingan dan pelatihan kepada petani di wilayah desa agar mereka dapat mengoptimalkan potensi lahan dan meningkatkan produktivitas pertanian.

"Dengan adanya dukungan dari pemda, pastinya kita berharap masyarakat desa dapat mandiri dalam memenuhi kebutuhan pangan mereka sendiri, dan ini juga merupakan salah satu diantara yang menjadi aspirasi," ujarnya.

Kuwu mengungkapkan bahwa, penguatan ketahanan pangan di desa tidak hanya akan berdampak pada ketersediaan pangan, tetapi juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa secara keseluruhan.

Selain itu, dengan adanya produksi pangan yang cukup, harga pangan juga dapat stabil dan masyarakat desa bisa menjual hasil pertanian dengan harga yang lebih baik, serta itu juga menjadi salah satu upaya menekan inflasi.

Di sisi lain, dalam upaya mendukung penguatan ketahanan pangan di desa, Kuwu berharap pemda di provinsi ini dapat mengalokasikan anggaran yang memadai dan melibatkan semua pihak terkait.

"Adanya kerjasama yang baik antara pemda, petani, dan masyarakat desa, diharapkan ketahanan pangan di Kalteng dapat terus ditingkatkan, sehingga kebutuhan pangan selalu tercukupi ," pungkasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru