Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Terus Pastikan Pengembangan Kelapa Sawit Berkelanjutan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 09 Maret 2024 - 11:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Direktur Perencanaan dan Pengelolaan Dana di Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS, Kabul Wijayanto mengatakan bahwa pemerintah terus berupaya untuk memastikan pengembangan kelapa sawit yang berkelanjutan.

"Pemerintah terus berupaya untuk memastikan pengembangan kelapa sawit yang berkelanjutan sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2019 tentang Rencana Aksi Nasional Kelapa Sawit Berkelanjutan," kata Kabul dalam rilisnya pada Sabtu, 9 Maret 2024.

Namun memang harus diakui, lanjut Kabul, masih terdapat beberapa tantangan yang perlu diatasi untuk mewujudkan keberlanjutan sektor kelapa sawit.

"Seperti masalah legalitas lahan dan rendahnya produktivitas perkebunan kelapa sawit, terutama pada perkebunan rakyat itu masih jadi beberapa tantangan," tuturnya lagi.

Produktivitas perkebunan sawit rakyat pada tahun 2023 disebutkannya hanya mencapai 2,58 Ton/Hektar, jauh di bawah produktivitas perkebunan besar negara dan swasta.

"Untuk meningkatkan produktivitas, pemerintah telah meluncurkan Program Peremajaan Sawit Rakyat dan Program Sarana dan Prasarana," katanya.

Meskipun capaian dari Program Peremajaan Sawit Rakyat belum mencapai target yang ditetapkan, lanjut Kabul, pemerintah terus berupaya meningkatkan efektivitas program tersebut.

"Program Sarana dan Prasarana juga akan terus ditingkatkan, dengan alokasi dana yang telah ditetapkan untuk memberikan bantuan berupa bibit, pupuk, pestisida, alat pertanian, dan infrastruktur lainnya kepada para petani kelapa sawit," ungkap Kabul lagi 

Dengan langkah-langkah ini, lanjutnya, diharapkan sektor kelapa sawit dapat terus berkembang secara berkelanjutan, memberikan kontribusi yang lebih besar bagi perekonomian Indonesia, serta meningkatkan kesejahteraan para petani kelapa sawit di seluruh negeri. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru