Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemdes Didorong Terlibat Aktif Penurunan Angka Stunting

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 09 Maret 2024 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pemerintah Desa (Pemdes) atau kelurahan di Kabupaten Kapuas didorong terlibat aktif dalam upaya penurunan angka stunting di daerah setempat.

Hal itu disampaikan Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi seusai pimpin rapat kerja daerah (Rakerda) percepatan penurunan stunting di Kabupaten Kapuas.

"Nanti keterlibatan desa, terutama kades (kepala desa) atau lurah itu menjadi bapak asuh stunting di desanya masing-masing," katanya, Sabtu, 9 Maret 2024.

Terlebih, kata Erlin di Kabupaten Kapuas sendiri terdapat 214 desa dan 17 kelurahan yang tersebar di 17 kecamatan.

"Nanti juga ada kewajiban personal memperhatikan warga kita. Misalkan 1 kades memperhatikan 1 anak. Artinya ada 214 anak bisa di bapak asuhkan kadesnya masing masing," ucapnya.

Jadi, lanjut dia dengan pola seperti ini juga diharapkan akan dapat memperkecil angka stunting. Bahkan, diharapkannya jangan sampai ada lagi stunting di masa yang akan datang.

"Disamping kades, kami juga nanti akan mewajibkan kepala SOPD untuk menjadi bapak asuh di setiap desa, sehingga nanti dari program program yang ada bisa memprogram secara menyeluruh OPD OPD terkait stunting," pungkasnya. (DODI/H)

Berita Terbaru