Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DLH Kapuas: Peran Bank Sampah Membantu Pemilahan Sampah

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 11 Maret 2024 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kapuas, Karolinae menyebutkan peran bank sampah dan depo sampah sangat membantu dalam pemilihan dan pemanfaatan sampah.

Karenanya, dia berharap ke depan jumlah bank sampah/depo sampah di Kuala Kapuas khususnya bisa bertambah, agar penanganan sampah dapat maksimal, serta persiapan penilaian Adipura 2024.

"Persiapan tahun ini akan mendorong itu, karena bank sampah masih sangat terbatas dan cuma ada dua yang menampung, karena melalui bank sampah maupun depo sampah itu nanti dipilah sampah yang organik dan non organik," katanya, Senin, 11 Maret 2024.

Dengan dipilahnya sampah, tentunya juga bermanfaat misalkan sampah organik bisa menjadi makanan ternak, pupuk dan lain sebagainya.

"Sedangkan sampah non organik bisa dijual ke bank sampah yang mana nantinya akan didaur ulang," ucapnya.

Sehingga, lanjut dia, juga akan dapat memperpanjang masa pakai Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, karena sebagian telah dipilah dan termanfaatkan.

"Karena itu tadi, peran bank sampah itu sangat membantu, sehingga diharapkan bisa bertambah nantinya," harapnya. (DODI/j)

Berita Terbaru