Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Minta Perhatikan Air Bersih di Desa Sekonyer

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 13 Maret 2024 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Desa Sungai Sekonyer merupakan desa di Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat yang lokasinya berdekatan dengan Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP).

Di Desa ini, masih kesulitan air bersih dan dalam keseharian, masyarakat sering mengandalkan air hujan.

Hal itu disampaikan Dicky Zulkarnaen, anggota DPRD Kobar dari Fraksi Partai Nasdem. Ia meminta pemerintah daerah segera memikirkan hal tersebut karena air menjadi sumber penghidupan yang sangat vital.

"Kita berharap pemerintah daerah segera menindaklanjuti terkait ketersediaan air bersih di Desa Sungai Sekonyer ini, karena mereka hanya mengandalkan air hujan selama ini," ujar Dicky Zulkarnaen, belum lama ini.

Desa Sungai Sekonyer ini terletak bersebelahan langsung hatitat orangutan terbesar didunia yakni TNTP,  adapun jumlah penduduk di Desa ini ada sebanyak 498 jiwa.

Luas wilayah Desa Sungai Sekonyer sekitar 109.967 Ha, sebelah utara Desa Bedaun, sebelah timur dengan Kabupaten Seruyan dan sebelah barat berbatasan dengan Kelurahan Kumai Hilir.

Moda transportasi menuju ke desa ini menggunakan perahu penyeberangan atau kelotok wisata.

Beberapa kali desa ini juga menjadi kunjungan sejumlah pejabat, termasuk anggota DPRD Provinsi Kalteng Dapil III dan keluhan soal air bersih, selalu menjadi topik yang disampaikan warga setempat.

Apalagi desa ini juga meraih juara 2 Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022 kategori Daya Tarik Pengunjung. Maka ironis jika air bersih masih kesulitan.

Menanggapi hal ini, Pemkab Kobar melalui Asisten 1 Setda Kobar, Tengah Alisyahbana menyampaikan bahwa pihak Kecamatan Kumai sudah melakukan koordinasi dengan Dinas PUPR.

"Sudah kita koordinasikan dengan PUPR, bahwa pihak desa setempat melalui anggaran Dana Desa (ADD) akan membangun tower air. Sedangkan dari PUPR Kobar siap mendampingi secara teknis pelaksanaan dilapangan," tuturnya. (DANANG/y)

Berita Terbaru