Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Plt Kadisdik Kalteng Tanggapi Aksi Demo Mahasiswa Terkait Beasiswa TABE

  • Oleh Marini
  • 13 Maret 2024 - 22:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kalteng M Reza Prabowo menanggapi adanya aksi demo mahasiswa yang berkatan dengan beasiswa Tabungan Beasiswa Berkah (TABE) yang akan diagendakan pada, Kamis, 14 Maret 2024.

Ia menerangkan, beasiswa TABE tahun 2024 telah berjalan dan pihaknya telah melakukan seleksi sebanyak 13.113 orang nominatif penerima Beasiswa TABE. Yang terdiri atas mahasiswa tidak mampu, tugas akhir, dan wirausawan muda. 

Disdik Kalteng telah mengirimkan data sebanyak 13.113 orang ke PT Bank Kalteng. Untuk diterbitkan secara kolektif, dengan maksud penyaluran beasiswa 100 persen dengan aman. Selain itu juga sebagai cara maupun evaluasi dari tahun 2023 lalu, yang terdapat kurang lebih 100 nomor rekening tidak valid.

"Hal tersebut dianggap agar penyaluran beasiswa TABE benar-benar tersampaikan secara aman. Tahun 2024 mengalami kenaikan nominal beasiswa dari sebelumnya Rp 1,5 juta menjadi Rp7,5 juta. Disalurkan melalui 3 tahap, sesuai arahan Gubernur Kalteng," katanya, saat dikonfirmasi, Rabu, 13 Maret 2024 malam.

Dirinya menjelaskan, saat ini telah masuk bulan Maret 2024, percetakan kartu atau nomor rekening sedang berjalan. Dan hal tersebut merupakan ranahnya Bank Kalteng, dirinya juga menyatakan bahwa hal ini telah dikomunikasikan langsung kepada Direktur Utama PT Bank Kalteng.

"Proses percetakannya ada profil dari Bank Indonesia, dan ada proses perbankan yang kita lalui, karena mencetak kartu ini tidak mudah apalagi jumlahnya ribuan. Saya tidak paham mengenai proses percetakan maupun yang lainnya karena itu adalah ranahnya Bank Kalteng," jelas Reza.

Ia juga menyatakan, apabila nomor rekening dan kartu sudah siap 100 persen, maka dilaksanakanlah penyaluran beasiswa tersebut. Dirinya juga memaklumi, bahwa adanya demo yang dilaksanakan tersebut merupakan hak sebagai warga Indonesia.

"Harapan kami dari Dinas Pendidikan Kalimantan Tengah, sahabat dari para mahasiswa dan kami pada tahun ini telah menganggarkan untuk kegiatan kemahasiswaan. Dan kami berharap bahwa besok penyampaian aspirasi dilaksanakan dengan tertib dan intelek. Sebagaimana sudah diketahui bahwa mahasiswa ini adalah kaum-kaum terpelajar," tandasnya. (MARINI/H)

Berita Terbaru