Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemda Diharapkan Tetap Fokus Terhadap Pengembangan Program Ketahanan Pangan

  • Oleh Donny Damara
  • 14 Maret 2024 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi II DPRD Kalteng, Fajar Hariadi beeharap pemda baik provinsi, kabupaten dan kota tetap fokus terhadap program pengembangan ketahanan pangan di daerah masing-masing.

Ia mengatakan pemda harus dapat mengutamakan program pengembangan ketahanan pangan sebagai salah satu prioritas pembangunan, sebab hal ini sangat penting bagi daerah dan juga masyarakat.

"Pengembangan ketahanan pangan merupakan langkah strategis untuk memastikan ketersediaan pangan yang cukup dan berkualitas bagi masyarakat," katanya, Kamis, 14 Maret 2024.

Dalam upaya itu, tentu pemda dapat melakukan berbagai upaya seperti peningkatan produksi pertanian, diversifikasi tanaman pangan, pengembangan agribisnis, dan peningkatan aksesibilitas terhadap pangan.

Selain itu, program ketahanan pangan juga berperan penting dalam mengurangi ketergantungan daerah terhadap provinsi lain serta impor pangan dan meningkatkan kemandirian pangan di daerah.

Di sisi lain juga, dengan mengembangkan sektor pertanian dan mendorong inovasi di bidang pertanian, diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan kesejahteraan petani.

Dalam konteks yang lebih luas, pengembangan ketahanan pangan juga berkontribusi dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan, terutama dalam hal mengatasi kelaparan dan peningkatan gizi.

"Dan juga untuk memastikan akses pangan yang adil dan berkelanjutan bagi seluruh lapisan masyarakat terutama di daerah. Begitu juga dengan pningkatan ekonomi, terlebih Kalteng akan menjadi penyangga IKN," tutupnya. (DONNY D/j)

Berita Terbaru