Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menko Polhukam Ingatkan Kalteng Masuk Top 5 Rawan Karhutla

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 14 Maret 2024 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Menteri Koordinator (Menko) Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Hadi Tjahjanto mengingatkan Kalteng sebagai top 5 provinsi rawan Karhutla.

“Provinsi yang menempati top lima terbesar di wilayah Indonesia yaitu Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Papua Selatan, Sumatera Selatan dan Kalimantan Barat,” kata Hadi saat memimpin rakor secara virtual, Kamis, 14 Maret 2024.

Ia mengatakan hal itu sesuai yang dilaporkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), terkait kerawanan area karhutla di beberapa provinsi.

Hadi mengingatkan laporan dari BMKG terkait El Nino dalam skala moderat yang masih bertahan di Bulan Maret 2024.

Indeks ENSO diprediksi turun secara secara gradual menuju Netral pada April 2024. Sementara itu, IOD Netral diprediksi terus bertahan pada semester satu tahun 2024.

 

Dia meminta kerjasama seluruh elemen mulai dari kementerian/lembaga, panglima TNI, Kapolri, kepala daerah, Pangdam, Danrem, Kapolda dan stakeholders perusahaan serta masyarakat.

Semuanya perlu saling bahu-membahu dalam upaya penanggulangan karhutla sebagaimana Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan serta untuk menindaklanjuti secara efektif hasil monitoring peringatan karhutla. (HERMAWAN DP/Y)

Berita Terbaru