Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DLH Kapuas Rapat Optimalkan Penarikan Retribusi Persampahan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 15 Maret 2024 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat menggelar rapat tata cara memungut retribusi persampahan bertempat di Ruang Rapat Bupati Kapuas, Jumat, 15 Maret 2024.

Rapat tdipimpin langsung oleh Sekda Kapuas Septedy didampingi Kepala DLH Kapuas Karolinae dan dihadiri Direktur PDAM Kapuas Abisua Setia Nugroho, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan sejumlah lurah.

Septedy mengatakan bahwa rapat ini terkait dengan optimalisasi penarikan retribusi sampah yang mana menurutnya selama ini mengalami beberapa kendala penarikan retribusi sampah yang tidak bisa dilakukan.

“Kita kerjasama penarikan itu dengan PDAM, untuk sementara khusus dalam kota penarikannya itu lewat rekening Bank sehingga tidak mungkin kita memasukkan penarikan sampah itu bebannya ke PDAM, nah itu kesulitannya sehingga selama ini ketika PDAM sudah melakukan kerjasama dengan pihak bank maka penarikan retribusi sampah secara manual itu menjadi masalahnya,” katanya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan kesimpulan dari rapat tersebut bahwa sampai dengan bulan April khusus untuk rumah tangga Pemerintah Kabupaten Kapuas tetap meminta bantuan kepada pihak PDAM untuk menarik retribusi itu secara manual sekaligus saat warga bayar tagihan bulanan.

Kemudian untuk OPD-OPD dan perusahaan akan dilakukan secara manual oleh petugas dari DLH.

“lalu pada Bulan Mei yang nantinya kita tidak lagi kerjasama dengan PDAM, tetapi akan di hendek langsung oleh pihak DLH bekerjasama dengan pihak Kelurahan,” pungkasnya. (DODI/Y)

Berita Terbaru