Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Kalteng Berikan Tips Jaga Kesehatan saat Bencana Banjir

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 15 Maret 2024 - 23:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalteng memberikan beberapa tips menjaga kesehatan di saat bencana banjir.

Kepala Dinkes Kalteng, Suyuti Syamsul mengatakan salah satu langkah untuk menjaga kesehatan dimulai dengan menjaga kebersihan air.

"Memastikan air yang digunakan selama di pengungsian adalah air bersih," tutur Suyuti di kompleks kantor gubernur Kalteng, Kamis, 14 Maret 2024.

Ia mengingatkan jangan terlalu lama berendam di dalam air banjir dan segera mandi dan membersihkan diri menggunakan sabun. 

"Pembiasaan hidup bersih terlebih pada saat banjir sangatlah penting. Namun, selalu ada risiko terserang penyakit walaupun telah melakukan hal tersebut," pesannya.

Suyuti juga mengingatkan penggunaan masker pada saat saling berinteraksi, menjaga jarak, hindari kerumunan penting bagi warga mengungsi yang terserang batuk pilek agar kondisi kesehatan diri sendiri maupun pengungsi lainnya tidak memburuk.

"Pasca banjir juga biasanya akan terdapat genangan air yang mendukung berkembang biaknya nyamuk demam berdarah," tuturnya.

Mengantisipasi hal tersebut, masyarakat melakukan tindakan 3M dan mencari pengobatan secara dini jika muncul gejala demam berdarah sangatlah penting untuk mengatasi resiko tersebut. (HERMAWAN DP/j) 

Berita Terbaru