Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Punya 3 Strategi Hadapi El Nino Pada Sektor Pangan

  • Oleh Hendri
  • 16 Maret 2024 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemko Palangka Raya telah mempersiapkan tiga strategi untuk meminimalisir dampak negatif pada sektor pangan dalam menghadapi tantangan yang ditimbulkan oleh fenomena El Nino.

"Langkah-langkah ini diharapkan dapat menjaga stabilitas harga dan ketersediaan pangan bagi masyarakat," kata Kepala DPKP Kota Palangka Raya, Sugiyanto, Sabtu, 16 Maret 2024.

Pertama melalaui Operasi Pasar Murah. Ini menjadi andalan pertama dengan menyediakan berbagai bahan pangan pokok dengan harga yang lebih terjangkau.

"Ini bertujuan untuk meringankan beban ekonomi yang mungkin dirasakan oleh warga akibat kenaikan harga pangan selama periode El Nino," jelasnya.

Kedua, dengan Pasar penyeimbang yang diluncurkan untuk menstabilkan harga pangan. Pasar ini akan menjadi tempat bagi produsen lokal dapat menjual produk mereka langsung kepada konsumen, mengeliminasi peran tengkulak yang seringkali menyebabkan lonjakan harga.

Kemudian Gerakan Pangan Murah, yakni mengajak masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam produksi untuk meningkatkan ketahanan pangan dan juga memperkuat ekonomi lokal.

"Dengan implementasi tiga strategi ini, kami berharap dapat mengurangi dampak buruk El Nino yang menyebabkan ketidakstabilan harga bahan pangan dan memastikan bahwa masyarakat memiliki akses terhadap pangan yang terjangkau dan berkualitas," pungkasnya. (HENDRI/J)

Berita Terbaru