Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Keterbukaan Informasi Dorong Peran Masyarakat Bangun Daerah

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 18 Maret 2024 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kalteng, Agus Siswadi mengingatkan peran keterbukaan informasi dalam pembangunan.

Termasuk salah satunya mendorong masyarakat dapat semakin aktif terlibat dalam proses pembuatan kebijakan publik, mulai dari perencanaan hingga evaluasi kebijakan.

“Diharapkan dengan membuka akses publik terhadap informasi, Badan Publik termotivasi untuk bertanggung jawab dan berorientasi pada pelayanan rakyat yang sebaik-baiknya,” ucap Agus Siswadi mewakili Sekda Kalteng saat bimtek peningkatan kapasitas PPID, Jumat, 15 Maret 2024.

Selain itu, lanjut dia, dapat mempercepat perwujudan pemerintahan yang terbuka sebagai upaya strategis mencegah praktik Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN), dan terciptanya kepemimpinan yang baik.

Lebih lanjut ia menyebutkan, berdasarkan penilaian dari Komisi Informasi Pusat, pada tahun 2023 pelaksanaan keterbukaan informasi publik sudah menunjukkan hasil yang lebih baik.

Komisi informasi memberikan predikat sebagai provinsi Informatif kepada Kalteng dalam penilaian keterbukaan informasi. (HERMAWAN DP/j)

Berita Terbaru