Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bank Indonesia Kalteng Siapkan Rp1,9 Triliun Uang Tunai untuk Momen Ramadan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 19 Maret 2024 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pada momen Ramadan tahun 2024 ini, Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah menyiapkan Rp1,9 Triliun untuk kebutuhan uang tunai masyarakat.

"Kita siapkan sebanyak Rp1,9 Triliun untuk antisipasi kebutuhan uang tunai masyarakat periode ramadan ini melalui kas keliling," kata Kepala Perwakilan BI Kalteng, Taufik Saleh. 

Taufik Saleh menyampaikan itu saat pelaksanaan Kick Off SERAMBI 2024 atau Semarak Rupiah Ramadhan dan Idul Fitri 2024 bersama perbankkan di Kantor BI Kalteng. 

Armada mobil layanan kas keliling akan ditempatkan di sejumlah titik lokasi yang dinilai strategis untuk penukaran uang, yakni Bundaran Besar, Pasar Wadai Jalan AIS Nasution, Pasar Wadai UPR, Pasar Wadai Jalan Kecubung dan Rest Area Jalan Trans Kalimantan arah Kalampangan. 

"Masyarakat yang akan menukarkan uang wajib menunjukkan kartu tanda pengenal atau KTP sebagai persyaratan utama," katanya.

Menurut Taufik, selama periode ramadan ini penukaran uang tidak layak edar ditiadakan dan digantikan dengan penukaran melalui perbankkan.

"Karena kita tahu kebutuhan masyarakat terhadap uang tunai selama periode ramadan ini meningkat baik untuk membeli pakaian, makanan, membagikan uang tunai dalam bentuk sedekah, membayar zakat, dan sebagainya maka kita sediakan," tuturnya.

Taufik berharap, uang beredar ini dapat membantu masyarakat tanpa memberi tekanan yang terlalu besar pada inflasi.

"Diharapkan uang beredar ini tidak memberikan tekanan yang terlalu besar pada inflasi di tiap daerah. Harapannya inflasi masih stabil," katanya. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru