Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Sebut Petani, Nelayan dan Pembudidaya Ikan Perlu Dilindungi dengan Perda

  • Oleh Donny Damara
  • 20 Maret 2024 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi I juga juru bicara Bapemperda DPRD Kalteng, Kuwu Senilawati menyebut petani, nelayan dan pembudidaya ikan perlu dilindungi dengan sebuah Peraturan Daerah (Raperda).

Oleh karena itu, DPRD Kalteng mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif dewan yakni tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani, Nelayan dan Pembudi Daya Ikan untuk dibahas lebih lanjut.

"Petani, nelayan dan pembudidaya ikan sebagai pelaku pembangunan secara faktual telah memberikan kontribusi bagi kelangsungan hidup masyarakat, terutama dalam memenuhi kebutuhan pangan," katanya, Rabu, 20 Maret 2024.

Kuwu mengungkapkan, petani, nelayan dan pembudidaya ikan sampai dengan saat ini masih belum mendapatkan upaya perlindungan yang sistematis dan berkelanjutan. Maka dari itu, diperlukan sebuah payung hukum untuk melindungi pelaku usaha tersebut.

"Saat ini ada banyak sekali permasalahan yang hadapi oleh petani, nelayan, dan pembudidaya ikan, baik itu perubahan iklim sampai dengan ketidak berpihakan kepada mereka dalam segala hal. Inilah yang menjadi perhatian kita selama ini," ujarnya.

Kuwu menambahkan, adapun petani, nelayan dan pembudidaya ikan yang perlu mendapat perlindungan yakni mereka yang memiliki usaha kecil dan menengah. Ini penting tidak hanya sebagai upaya memberikan perlindungan tapi juga untuk meningkatkan kesejahteraan.

"Perlindungan yang diberikan dalam perda ini nantinya yaitu terkait kepastian usaha, penghapusan praktik ekonomi biaya tinggi, penyediaan sarana, jaminan terhadap resiko usaha, dan lain sebagainya yang dinilai penting bagi pelaku usaha itu," jelasnya.

Dirinya berharap, ketika nantinya Raperda tersebut sah menjadi sebuah perda bisa memberikan kontribusi terhadap perlindungan petani, nelayan dan pembudidaya ikan khususnya di wilayah Kalteng, sehingga dapat lebih sejahtera. (DONNY D/j)

Berita Terbaru