Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dukung Pengembangan Bandara H Asan Sampit, Bupati Kotim: Jika Tidak Tahun ini Semoga 2025

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 21 Maret 2024 - 17:25 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) terus mendukung pengembangan Bandara H Asan Sampit.

"Untuk perpanjangan dan pelebaran runaway kita berharap kalau tidak tahun ini paling tidak tahun depan. Karena kita tahu arus transportasi udara sangat pesat dalam rangka mendukung ekonomi dan investasi," kata Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor, Kamis, 21 Maret 2024.

Dia mengatakan, pengembangan Bandara H Asan Sampit merupakan kewenangan Kementerian Perhubungan. Pihaknya terus mendukung salah satunya membantu ganti rugi tanah yang terkena imbas pengembangan bandara.

Lanjutnya, untuk peningkatan baik perpanjangan atau pelebaran runaway menjadi tanggung jawab pemerintah pusat. Bahkan Pihaknya selalu berkomunikasi dengan Kementerian Perhubungan agar perpanjangan dan pelebaran bisa segera terealisasi. 

"Harapan kita tahun 2024, tapi kita memahami dengan alasan anggaran terbatas di kementerian sehingga kita tidak tau apakah ada realisasi baik pemindahan gedung PKP-Pk atau untuk pengembangan runaway," ujarnya.

Saat ini, Bandara H Asan Sampit hanya melayani 2 rute penerbangan dengan 2 maskapai. Keterbatasan penerbangan tersebut membuat masyarakat memilih melakukan perjalanan udara melalui Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya atau Bandara Iskandar Pangkalan Bun.

"Masyarakat kita banyak yang lari ke Palangka Raya, Pangkalan Bun dan Banjarmasin. Sementara Kotim memiliki penduduk terbesar di Kalteng, investasi juga banyak jadi sangat membutuhkan pengembangan bandara tersebut agar banyak pilihan penerbangan," tandasnya. (DEWI PATMALASARI/j)

Berita Terbaru