Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pencegahan dan Penurunan Stunting Upaya Capai Visi Misi Gunung Mas

  • Oleh Riska Yulyana
  • 25 Maret 2024 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Pencegahan dan penurunan stunting merupakan suatu hal yang sangat penting karena merupakan bagian dari upaya pencapaian visi misi Kabupaten Gunung Mas.

Hal itu disampaikan Sekda Gunung Mas Richard melalui sambutan tertulis yang dibacakan oleh Asisten II Setda Gumas Lurand pada rapat aksi I analisis situasi, Senin, 25 Maret 2024. 

"Pencegahan dan penurunan stunting menjadi hal yang penting lantaran upaya dalam pencapaian visi misi Kabupaten Gunung Mas yakni terwujudnya kabupaten gunung mas yang bermartabat, maju, berdaya saing, sejahtera dan mandiri. 

Dengan misi kedua yaitu meningkatkan kualitas pembangunan sumber daya manusia dalam hal ini khususnya bidang kesehatan.

Lebih lanjut dijelaskan, pendekatan percepatan penurunan stunting diarahkan pada aspek pencegahan dengan memperluas sasaran- sasaran strategis terutama pada sektor hulu melalui bernagai sasaran. 

Sasaran yang dimaksud yakni sasaran remaja putri, calon pengantin, pasangan usia subur, hingga sasaran ibu dan bayi yang memiliki resiko stunting hingga usia lima tahun. 

Untuk memastikan aksesibilitas layanan bagi seluruh sasaran prioritas tersebut koordinasi lintas sektor diperkuat oleh Tim Pendamping Keluarga (TPK) untuk memastikan seluruh intervensi tidak hanya diterima namun dimanfaatkan oleh sasaran prioritas.

Dalam rangka mengawal pelaksanaan program percepatan penurunan stunting, pemerintah melakukan intervensi melalui pendekatan multisektor yang mengarah pada peningkatan kualitas intervensi spesifik dan sensitif terutama melalui pemenuhan seluruh indikator sebagaimana tertuang dalam lampiran Perpres 72/2021. 

Peran multisektor tersebut dikoordinasikan melalui kelembagaan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, hingga kecamatan dan desa/kelurahan. (RISKA YULYANA/H)

Berita Terbaru