Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Aktivitas Tambang Batu Bara di Gunung Mas Sebabkan Jalan Rusak

  • Oleh Marini
  • 27 Maret 2024 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalteng Shalahuddin memberikan informasi bahwa terdapat 3 (tiga) perusahaan tambang batubara yang beroperasi di wilayah Kabupaten Gunung Mas. Aktivitas mereka dianggap berpengaruh terhadap rusaknya jalan di daerah tersebut. 

3 perusahaan tambang batubara tersebut berasal dari luar daerah provinsi Kalteng. Dirinya mengklaim bahwa, aktivitas akses transportasi 3 perusahaan tambang batu bara tersebut, kerap kali melalui jalan umum atau trans Kalimantan, Palangka Raya-Kuala Kurun.

"Hal demikian kerap kali mengakibatkan, jalan rusak maupun berlubang di wilayah tersebut, kami rutin memperbaiki tapi selalu dilewati oleh angkutan yang melebihi tonase jalan dari aktivitas tambang," katanya saat di konfirmasi awak media, Rabu, 27 Maret 2024.

Dirinya juga memberitahukan bahwa tonase jalan itu pada umumnya maksimal 8 ton. Untuk itu, pada saat momentum lebaran mudik 2024 yang melewati akses tersebut, masyarakat diharapkan berhati-hati karena banyak jalan yang rusak maupun berlubang.

"Dan sebagai tindak lanjut dari dinas kami sendiri, telah menyediakan posko dan menyediakan alat berat," bebernya.

Dirinya menambahkan, pada saat ini, wilayah Kabupaten Gunung Mas tidak hanya beroperasi 3 perusahaan tambang batubara saja, namun ada juga dari pihak perusahaan kelapa sawit.

"Ya, kami harap pihak perusahaan ini agar bisa membuat jalan khusus, sebagai akses transportasi mereka. Supaya tidak melewati jalan umum, terlebih lagi untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan yang dapat merugikan masyarakat," tandasnya. (MARINI/H)

Berita Terbaru