Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalteng Dambakan DAS Barito Jadi Ternak Sapi Unggulan

  • Oleh Marini
  • 27 Maret 2024 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran mendambakan DAS Barito digunakan sebagai sentra komoditas daging terutama ternak sapi yang dikelola secara unggul. 

Sugianto terinspirasi dari salah satu peternakan sapi milik pengusaha asal Kalteng yakni H Abdul Rasyid AS sekaligus Owner Citra Borneo Indah (CBI). Di sana peternakan sapi merupakan komoditas andalan subsektor peternakan yang bernilai ekonomi tinggi. 

"Komoditas ini banyak diusahakan peternakan rakyat dalam memasok kebutuhan daging dalam negeri maupun daerah, DAS Barito ini luas dan kita bisa mencontohkan punya Pak H Abdul Rasyid yang memiliki sapi kualitasnya terbaik," katanya, saat rapat koordinasi optimalisasi penyelenggaraan pemerintah daerah tahun 2024, Rabu, 27 Maret 2024.

Daging sapi di Kalteng, imbuh dia, masih dipasok oleh para pedagang ada dari Pulau Jawa, Sulawesi dan provinsi lainnya. Kondisi ini menjadi peluang agar Kalteng mengembangkan peternakan.

"Selama ini pemenuhan daging sapi, sebagian masih dari luar Kalimantan Tengah. Hal ini tidak terlepas dari jumlah populasi dan produksi peternakan masih rendah," bebernya.

Keberhasilan pengembangan peternakan, imbuh dia, akan dapat dicapai mana kala ada dukungan dan kebijakan pemerintah daerah.

Dirinya meyakini, dengan adanya dukungan Pemda dengan memberikan bantuan pada sektor peternakan untuk kemajuan usaha meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. (MARINI/j)

Berita Terbaru