Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketersediaan Ayam Potong di Pasar Palangka Raya Aman hingga Idul Fitri

  • Oleh ANTARA
  • 27 Maret 2024 - 22:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) Palangka Raya, Kalimantan Tengah mengatakan bahwa ketersediaan daging ayam potong di daerah setempat aman hingga Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

"Untuk ketersediaan daging ayam potong atau ayam broiler di Palangka Raya aman dan tidak akan terjadi kekosongan, ayam broiler kebanyakan didatangkan dari provinsi tetangga," kata Sekretaris DPKUKMP Palangka Raya Hadriansyah di Palangka Raya, Rabu, 27 Maret 2024.

Dia mengatakan, harga daging ayam broiler sampai saat ini masih berada di harga Rp40 ribu per kilogram meskipun pada awal Ramadhan sempat berada di harga Rp38 ribu per kilogram.

Kendati ada kenaikan harga jual, namun kenaikannya tidak terlalu signifikan dan masih di atas kewajaran kenaikan harga jual daging ayam broiler.

"Yang terpenting saat ini ketersediaan daging ayam broiler aman hingga Idul Fitri nantinya, DPKUKMP Palangka Raya tetap melaksanakan pemantauan harga sampai menjelang Idul Fitri," ucapnya.

Hadriansyah menegaskan, selain ketersediaan ayam broiler aman pihaknya juga akan terus berusaha mengawasi terkait harga komoditi di pasar-pasar tradisional yang ada di daerah setempat.

Nantinya apabila ada terjadi kenaikan harga yang cukup signifikan, maka DPKUKMP Palangka Raya akan menggelar pasar penyeimbang atau pasar murah dengan tujuan membantu masyarakat agar dapat berbelanja dengan harga komoditas yang murah.

"Selain itu pula masyarakat tidak akan panik dengan adanya kenaikan sejumlah harga komoditas, karena telah dibantu dengan keberadaan pasar penyeimbang dan pasar murah yang digelar DPKUKMP Kota Palangka Raya setiap saat," kata mantan Kabid Perdagangan di DPKUKMP Palangka Raya tersebut.

Berdasarkan pemantauan di lapangan, harga beras merk Lahap saat ini berada di harga Rp85 ribu per lima kilogram, bawang merah berada di harga Rp33 ribu per kilogram.

Kemudian cabai rawit merah berada di harga Rp60 ribu per kilogram, daging sapi murni berada di angka Rp135 ribu per kilogram dan harga Minyak Goreng Kita sekarang berada di harga Rp15 ribu satu liter.

ANTARA

Berita Terbaru