Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Dukung Pengembangan Potensi Perkebunan Kakao di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 28 Maret 2024 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemprov Kalteng saat ini tengah berupaya menggalakkan pengembangan perkebunan kakao di provinsi ini dengan menggandeng berbagai pihak.

Menanggapi itu Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Achmad Rasyid mengatakan pihaknya sangat mendukung adanya upaya pengembangan potensi perkebunan kakao tersebut di wilayah Kalteng.

"Saya rasa potensi kakao ini terutama di Kalteng sangat menjanjikan, maka dari itu sudah sepatutnya pengembangannya digalakkan," katanya, Kamis, 28 Maret 2024.

Selain itu, agar pengembangan kakao ini dapat maksimal dilakukan maka ada baiknya Pemprov Kalteng menganggarkan untuk pengadaan bibit lalu dibagikan untuk masyarakat terutama para petani.

"Dari kunjungan kita ke Provinsi Jambi beberapa waktu lalu, daerah tersebut siap mendistribusikan bibit jika Kalteng membutuhkan. Saran kami itu bisa dianggarkan," tuturnya.

Rasyid menyebut, masyarakat terutama para petani perlu dilibatkan dalam upaya mengembangkan kakao ini, sehingga diharapkan potensi itu bisa memberikan dampak positif yang lebih besar.

"Sektor perkebunan ini kan sangat menjanjikan karena sifatnya berkelanjutan, berbeda halnya dengan usaha menambang emas, jadi masyarakat bisa dilibatkan mengembangkannya sebagai usaha baru bagi mereka," tukasnya. (DONNY D/Y)

Berita Terbaru