Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pendidikan Seruyan Gelar Rakor Penetapan Muatan Lokal

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 28 Maret 2024 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang -  Dalam upaya meningkatkan pendidikan yang berbasis lokal dan mengakomodasi kearifan serta keunikan budaya setiap daerah, Dinas Pendidikan Kabupaten Seruyan menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Penetapan Muatan Lokal.

Kegiatan ini dibuka Kepala Dinas Pendidikan Seruyan, Rusdi Hidayat bertempat  di Aula Dinas Pendidikan Seruyan, Kamis, 28 Maret 2024.

Dalam sambutannya, Kadis Pendidikan Seruyan, Rusdi Hidayat, menegaskan pentingnya mengintegrasikan kearifan lokal dan budaya daerah ke dalam kurikulum pendidikan.

Menurutnya, kearifan lokal tersebut menjadi modal penting bagi peserta didik untuk memahami dan menghargai keunggulan serta keunikan daerah tempat tinggal mereka.

Pemerintah Kabupaten Seruyan melalui Dinas Pendidikan diberikan kewenangan untuk menetapkan kurikulum muatan lokal dalam pendidikan dasar, pendidikan anak usia dini, dan pendidikan nonformal.

Hal ini bertujuan agar pendidikan yang diselenggarakan dapat lebih relevan dengan konteks dan kebutuhan masyarakat setempat.

"Adanya muatan lokal dalam kurikulum pendidikan memastikan bahwa peserta didik dapat membentuk pemahaman yang lebih dalam terhadap kearifan dan keunggulan yang dimiliki oleh daerah," ungkap Rusdi.

Dikarenakan kondisi di setiap daerah memiliki perbedaan, maka diperlukan penetapan muatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan lokal.

Rapat koordinasi ini diharapkan dapat menghasilkan keputusan yang mendukung implementasi kurikulum muatan lokal secara efektif. (FAHRUL/j)

Berita Terbaru