Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Batik Sawit Bersertifikat Halal Berpartisipasi dalam INACRAFT

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 Maret 2024 - 10:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pelopor industri batik sawit bersertifikat halal dari Kota Yogyakarta, CV Smart Batik Indonesia atau yang lebih dikenal dengan nama Sm-art Batik ikut berpartisipasi dalam pameran International Handicraft Trade Fair atau INACRAFT 2024.

Seperti dalam rilis yang dikirimkan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS pada Jumat, 29 Maret 2024, disebutkan bahwa pameran INACRAFT merupakan pameran kerajinan terbesar di Asia Tenggara yang selalu dinanti oleh para penggiat dan peminat produk-produk kerajinan dalam negeri dengan berbagai jenis produk berupa kerajinan, batik, tenun, dan fesyen.

"Pada gelaran INACRAFT kali ini, Sm-art Batik menampilkan produk-produk batik tulis terbaik, khususnya yang dibuat dengan menggunakan inovasi malam atau lilin batik sawit yang ramah lingkungan," kata CEO Sm-art Batik, Miftahudin Nur Ihsan.

Sejak pertengahan tahun 2023, lanjutnya, Sm-art Batik telah menjadi mitra BPDPKS dalam pengembangan industri batik sawit guna mendorong hilirisasi industri sawit berkelanjutan.

"Saat ini, Sm-art Batik telah menggunakan malam yang diproses dari limbah pengolahan minyak sawit dan pewarna alami dari komponen tanaman sawit," jelasnya lagi.

Ihsan menyampaikan bahwa produk yang ditampilkan adalah produk-produk terbaru batik tulis warna alami dan sintesis yang dijual dengan harga terjangkau.

"Kami membawa batik tulis kami yang dibuat langsung oleh pembatik-pembatik lokal, sehingga harganya terjangkau. Untuk yang pewarna sintesis dijual 200 ribu per meter, sementara yang warna alam dijual 500 ribu per meter," ujar alumni penerima beasiswa bidikmisi dan LPDP tersebut.

Ihsan menambahkan motif yang dijual bervariasi, sebagian besar motif bertema sawit, karena pihaknya sudah lakukan pengembangan, misal membuat ornamen naga, ikan, dan burung yang disusun dari unsur tanaman sawit. Beberapa yang lain ada motif klasik dan kontemporer umum. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru