Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPDPKS Tingkatkan Pemberdayaan Perkebunan Kelapa Sawit

  • Oleh Testi Priscilla
  • 05 April 2024 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS, Eddy Abdurrachman mengatakan bahwa pihaknya terus menguatkan dan meningkatkan pemberdayaan perkebunan kelapa sawit.

"Program penelitian dan pengembangan atau Litbang dan Riset perkebunan kelapa sawit dari aspek hulu hingga hilir yang dikembangkan BPDPKS merupakan salah satu upaya BPDPKS untuk melakukan penguatan, pengembangan dan peningkatan pemberdayaan perkebunan dan industri kelapa sawit nasional," kata Eddy dalam rilisnya pada Jumat, 5 April 2024.

Sementara itu, Anggota Komite Litbang BPDPKS, Tony Liwang menuturkan bahwa semakin banyak hasil penelitian yang didapatkan maka akan semakin baik.

"Semakin banyak hasil penelitian yang diberikan akan berdampak positif terhadap produk kelapa sawit Indonesia bagi petani dan di pasar global," kata Tony Liwang.

Tony Liwang menuturkan bahwa yang diharapkan dari riset kelapa sawit adalah adanya produk baru.

"Kebanyakan orang hanya mengetahui produk sawit adalah minyak goreng. Makanya melalui penelitian kita mau adanya produk baru," tuturnya.

Menurut Tony, banyak produk yang terbuat dari bahan sawit, seperti sabun, shampo, bahkan helm sepeda motor terbuat dari serat sawit.

"Hampir semua dari pohon sawit dapat menghasilkan berbagai produk hilir. Bahkan nilai tambahnya lebih banyak dari minyak sawit mentah atau CPO. Cangkang sawit misalnya banyak diekspor ke Jepang yang dapat menghasilkan filter air," bebernya lagi. 

Peran BPDPKS tak hanya sampai di situ, lanjutnya, Badan Layanan Umum atau BLU di bawah Kementerian Keuangan ini aktif melakukan sosialisasi kepada pegiat usaha mikro, kecil dan menengah. Salah satunya dilakukan UMKM di Yogyakarta dan mahasiswa Politeknik LPP dan masyarakat umum yang digelar Maret 2024 lalu. 

Dalam kesempatan tersebut Kepala Divisi UKMK BPDPKS Helmi Muhansyah mengatakan, salah satu capaian yang ingin diraih lewat gelaran tersebut adalah menjadikan UKMK sawit lebih baik dan naik kelas.

"Kegiatan ini perlu dilakukan karena sawit memberi banyak manfaat dalam kehidupan kita, termasuk lewat banyaknya hilirisasi produk sawit," katanya pada saat pembukaan kegiatan yang berlangsung di Auditorium LPP Yogyakarta.

Helmi menuturkan, secara umum BPDPKS membuka peluang kolaborasi dengan seluruh pihak seperti asosiasi petani kelapa sawit, instansi pemerintah, perguruan tinggi dan pihak lain yang terkait.

Hal tersebut dilakukan untuk mengenalkan, mengembangkan dan mendorong hilirisasi dan atau membuat produk-produk berbahan sawit terutama bagi pegiat UMKM.

"Itu dilakukan salah satunya agar memberi nilai tambah dan kesejahteraan bagi para pelaku industri sawit termasuk pegiat UMKM," sambungnya. (TESTI PRISCILLA/Y)


TAGS:

Berita Terbaru