Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Prakiraan Cuaca Barito Timur saat Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 09 April 2024 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Di hari raya Idulfitri, umumnya masyarakat akan mengunjungi keluarga dan handai tolan untuk bersilaturahmi, merayakan hari kemenangan setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Oleh sebab itu, penting bagi masyarakat Barito Timur untuk mengetahui kondisi cuaca yang ada di setiap kecamatan sebelum melakukan perjalanan atau mengunjungi keluarga, serta mengantisipasi segala kemungkinan perubahan cuaca.

Kepala Stasiun Meteorologi Sanggu Kabupaten Barito Selatan Eko Bambang Minarto mengatakan, kondisi atmosfer saat ini menunjukkan bahwa Madden-Julian Oscillation (MJO) berkontribusi terhadap proses pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia yang berpotensi menyebabkan peningkatan pertumbuhan awan penyebab hujan. 

"Belokan angin masih terjadi di sebagian besar wilayah Kalimantan yaitu Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. yang berpotensi menyebabkan peningkatan pertumbuhan awan hujan," ujarnya, Selasa, 9 April 2024.

Eko melanjutkan, Monsun (angin yang berubah arah setiap setengah tahun) Asia masih aktif namun Monsun Australia (angin tenggara) diperkirakan mulai aktif dan semakin meluas menandakan Monsun Australia semakin aktif. 

"Pada kondisi seperti ini berarti sudah dikatakan pancaroba (perubahan dari musim hujan ke musim kemarau), yang salah satu cirinya adalah ditandai dengan hujan lebat dan durasinya sebentar disertai atau tanpa disertai petir dan angin kencang," jelasnya.

Khusus untuk hari raya Idulfitri 1445 hijriah, Kepala Stasiun Sanggu menjelaskan bahwa pada tanggal 10 April, semua kecamatan di Barito Timur berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang. Sedangkan pada 11 April diprakirakan seluruh wilayah Barito Timur cerah.

Meski demikian, Eko mengimbau masyarakat yang akan bepergian atau melakukan aktivitas di luar rumah agar tetap waspada dengan perubahan cuaca mendadak.

"Tetap waspada potensi hujan lokal dengan durasi singkat yang dapat disertai atau tanpa disertai petir atau kilat serta angin kencang. Waspada dan berhati-hati juga terhadap dampak bencana yang ditimbulkan seperti genangan air, banjir, tanah longsor dan pohon tumbang," pesannya. (BOLE MALO/Y)


TAGS:

Berita Terbaru