Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Prakiraan Cuaca Barito Timur pada Arus Balik Lebaran 2024

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 12 April 2024 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mengeluarkan prakiraan cuaca Kabupaten Barito Timur pada puncak arus balik lebaran 13-14 April 2024.

Kepala Stasiun Meteorologi Sanggu Eko Bambang Minarto menjelaskan, gangguan fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) terpantau aktif di sebagian besar wilayah Kalimantan Tengah, daerah konvergensi dan belokan angin terpantau memanjang di wilayah Kalimantan Tengah, kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan.

Didukung dengan kelembaban udara pada beberapa lapisan yang cukup basah dan labilitas lokal kuat, sehingga mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Kalimantan Tengah.

Meski demikian, pada Sabtu 13 April, diprediksi seluruh wilayah Barito Timur hanya berawan sampai hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, atau peluang hujan hanya 10-20 persen.

"Kalau Minggu 14 April peluangnya hujan 20-60 persen dengan kategori jumlah curah hujan 20 milimeter selama 24 jam," tambah Kepala Stasiun Sanggu.

Menurutnya, saat ini Barito Timur memasuki musim pancaroba (perubahan dari musim hujan ke musim kemarau), yang salah satu cirinya adalah ditandai dengan hujan lebat dan durasinya sebentar disertai atau tanpa disertai petir dan angin kencang.

"Masyarakat Barito Timur harus tetap waspada karena pada musim pancaroba perubahan cuaca dapat terjadi secara cepat atau mendadak. Waspada potensi hujan lokal dengan durasi singkat yang dapat disertai atau tanpa disertai petir atau kilat serta angin kencang, waspada dan berhati-hati juga terhadap dampak bencana yang ditimbulkan seperti genangan air, banjir, tanah longsor dan pohon tumbang," pesan Eko. (BOLE MALO/H)

Berita Terbaru