Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DLH Palangka Raya Adakan Sosialisasi dan Pelatihan Pengurangan Sampah

  • Oleh Pathur Rahman
  • 18 April 2024 - 16:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Lingkungan Hidup Palangka Raya mengadakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan untuk mewujudkan Palangka Raya sebagai kota bebas sampah Zero Waste dan mengimplementasikan pengelolaan sampah berbasis Cirkular Economy.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pemilahan, pengomposan, BSF (Bio-Sanitary Landfill), dan daur ulang skala rumah tangga.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Limbah Berbahaya dan Beracun, Teguh Jaya Permana.

Dengan pengalaman dan pengetahuan yang ada dalam pengelolaan sampah ia akan upaya menjadikan Palangka Raya sebagai kota yang ramah lingkungan.

Sosialisasi dan pelatihan ini diadakan di Kelurahan Kameloh Baru, Palangka Raya. Kelurahan ini dipilih sebagai tempat pelaksanaan kegiatan karena memiliki potensi yang besar dalam mengimplementasikan pengurangan sampah dari sumbernya.

"Dengan melibatkan masyarakat di tingkat rumah tangga, diharapkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah dapat meningkat," katanya, kamis 18 April 2024.

Dalam kegiatan ini, peserta diberikan pengetahuan tentang cara pemilahan sampah yang benar, pengomposan sampah organik, penggunaan BSF sebagai metode pengolahan sampah yang ramah lingkungan, dan pentingnya daur ulang.

Peserta juga diberikan pelatihan praktis untuk mengimplementasikan pengelolaan sampah tersebut di rumah tangga masing-masing.

"Dengan adanya kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini, diharapkan masyarakat Palangka Raya dapat lebih sadar akan pentingnya pengelolaan sampah. Dalam jangka panjang, diharapkan Palangka Raya dapat menjadi contoh bagi kota-kota lain dalam upaya mencapai Zero Waste dan pengelolaan sampah berbasis Cirkular Economy," pungkasnya (PATHUR/R)


TAGS:

Berita Terbaru