Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

ASN Harus Tanamkan Sikap Netral dan Profesional.

  • Oleh Amar Iswani
  • 28 Mei 2016 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Barito Timur - Bupati Barito Timur (Bartim) Ampera AY Mebas mengatakan, Aparatur Sipil Negara (ASN) harus menanamkan sikap netral dan profesional dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Itu yang harus ditanamkan pada ASN di dinas maupun badan di lingkungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

'Hal ini dilakukan guna menghindari sikap seenaknya dan sikap minta dilayani mayarakat. Sebab, tugas seorang PNS sebagai aparatur pemerintah dalam pelayanan publik'" ungkapnya di sela kegiatannya, belum lama ini di Tamiang Layang.

Ia menilai, budaya sikap sekehendak hati dalam memberikan pelayanan perlu dihilangkan, karena tidak sesuai dengan peeran dan fungsi ASN selaku aparatur negara yang bertugas dalam melayani masyarakat.

Menurutnya, mentalitas ASN berperilaku negatif seperti itu biasanya kurang tanggap terhadap permasalahan, yang berdampak pada lambannya pengambilan keputusan lantaran suka bersikap menghindar dari tugas.

Kesan perilaku negatif seperti itu tutur bupati hendaknya ditinggalkan, karena budaya saling lempar tanggung jawab dalam menjalankan tugas di era yang serba canggih saat ini tidak berlaku lagi. 'Apabila hal tersebut tetap dibiarkan tentunya akan melahirkan pandangan publik, bahwa kinerja birokrasi kita lemah, kurang efisien dan tidak responsif.'

Ia berharap, aparatur negara menanamkan dalam diri bahwa fasilitas dan kewenangan yang dimiliki atas hak dan jabatan, sebagai sebuah tanggungjawab dan amanah, bukan sebagai hadiah.

' Oleh sebab itu dalam pelayanan, para ASN harus mampu menghilangkan sikap egois ketika bekerja dan lebih mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi," harapnya. (AMAR ISWANI/N).

Berita Terbaru