Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pegawai Dinas Bina Marga Palangka Raya Intimidasi Wartawan

  • Oleh Roni Sahala
  • 09 Juni 2016 - 10:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pegawai di Bidang Bina Marga, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (SDA) Kota Palangka Raya diduga mengintimidasi wartawan yang sedang melakukan tugas jurnalistik. Selain menyambut dengan kasar, pegawai tersebut bahkan melakukan tindakan fisik.

Rabu (8/6/2016), pukul 11.40, wartawan Palangka Ekspres dan Borneonews mendatangi kantor Dinas Bina Marga dan SDA di Jalan Tjilik Riwut Km 5. Kedatangan mereka berniat mendapatkan informasi seputar kondisi drainase di Palangka Raya pascabanjir, Sabtu (4/6/2016).

Roni Sahala, salah satu pewarta, Kamis (9/6/2016), menceritakan, kedatangannya itu sesuai arahan Kepala Dinas Bina Marga dan SDA, Hari Maihadi melalui pesan singkat, untuk menemui Kepala Bidang Bina Marga, Urianinu. Saat akan memasuki ruangan Bidang Bina Marga, di sana kedua wartawan itu, bertemu tiga orang pegawai yang sedang duduk merokok.

Roni meminta difasilitasi bertemu Kabid Bina Marga kepada tiga pegawai tersebut. Meski telah menyampaikan maksud dan tujuan namun salah satu pegawai menjawab dengan nada cukup tinggi.

"Kami menyampaikan hendak bertemu Kabid namu dijawab dengan kurang bersahabat dan cenderung arogan. Saya kemudian mengatakan tak asik, lalu salah satu oknum yang tak diketahui namanya tersinggung dan mengejar saya keluar tapi ditahan rekan-rekannya," papar Roni Sahala.

Setelah itu, Roni dan rekannya menuju keluar dengan maksud meninggalkan kantor tersebut. Namun pegawai tadi mengejar dan mengintimidasi dengan mendorong-dorong wartawan yang sedang melaksanakan tugas jurnalistiknya itu.

Roni berencana berkonsultasi dengan Bidang Hukum dan Advokasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalteng dan penasehat hukum terkait insiden tersebut. "Jika ada unsur pidana dan disarankan ke ranah hukum maka akan saya lakukan," tegas Roni.

Cerita serupa disampaikan Dicky R Gultom, wartawan Palangka Ekspres. "Kami meminta bertemu Kabid Bina Marga dengan maksud konfirmasi ternyata pegawai di sana menyambut tidak baik, dengan kasar," tuturnya.

Dicky mengatakan, aksi intimidasi itu sempat direkam dengan kamera ponsel berdurasi 19 detik.

Kadis Bina Marga dan SDA, Hari Maihadi belum membalas upaya konfirmasi yang dilakukan wartawan dan tindakan yang diambil atas kejadian tersebut. (CA/N).

Berita Terbaru