Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Giatkan Rakor Karhutla, Pembukaan Lahan Tanpa Dibakar Tak Ditemukan Solusi

  • Oleh Cecep Herdi
  • 16 Juli 2016 - 12:00 WIB

BORNEOENWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kotawaringin Barat serta seluruh instansi terkait tak bosan-bosannya melakukan rapat korodinasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Kali ini, Bupati Kobar Bambang Purwanto yang memimpin rakor karhutla itu di aula Bappeda Kobar, Jumat (15/7/2016).

"Rapat ini untuk mencari solusi dan membahas kembli segala kekurangan dalam pencegahan dan penanganan karhutla di Kabupaten Kobar," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kobar Hermon F Lion, Jumat (15/7/2016) sore.

Ia menuturkan, permasalahan hingga saat ini yang belum ditemukan solusinya yakni pembukaan lahan dengan cara tidak dibakar. Dalam kesempatan sosialisasi terhadap masyarakat, banyak pertanyaan muncul, bagaimana solusi yang efektif untuk mengganti cara pembukaan lahan dengan tidak dibakar.

"Ini menjadi permasalahan yang harus diselesaikan dan dicarikan solusinya," kata Hermon.

Ia menjelaskan, pembukaan lahan dengan alat berat memang tidak efektif dan murah seperti dengan cara dibakar. Namun tentu saja pemahaman masyarakat untuk mengubah paradigma lama yakni pembukaan lahan dengan cara dibakar memang perlu kerja keras seluruh pihak.

"Perda pembakar lahan sudah ada, polisi siap menindak pelaku, sosialisasi di lapangan yang perlu digencarkan seperti melibatkan masyarakat dalam pelaksanaan penanggulangan kebakaran," katanya. (CECEP HERDI/m)

Berita Terbaru