Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

IBI Gunung Mas Mendorong Peningkatan Kompetensi dan Pendidikan Bidan

  • 10 Agustus 2016 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Gumas - Sebagai organisasi profesi bidan, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Gunung Mas (Gumas) terus  mendorong peningkatkan kompetensi bidan, agar bisa melaksanakan tugas dengan baik. IBI juga mengupayakan peningkatan pendidikan para bidan di Gumas.

'Hal ini kita lakukan melalui pelatihan, pada kesempatan ini dilakukan pelatihan dan pada momen Hari Kesehatan Nasional (HKN) nanti kami juga adakan pelatihan,' kata Ketua IBI Cabang Gumas, Armelin saat peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-65 IBI, di GPU Tampung Penyang, Kuala Kurun, Selasa (9/8/2016).

Di samping itu, dalam rangka meningkatkan kompetensi bidan, IBI Gumas juga berupaya mendorong peningkatakan pendidikan bidan. Hal tersebut mengingat masih ada anggota IBI di Gumas yang belum berpendidikan Diploma Tiga (DIII). Hal tersebut menjadi salah satu perhatian serius untuk ditindaklanjuti.

'Anggota IBI di Gunung Mas ada 170 dan ada 36 orang yang belum DIII Kebidanan, meski pun ada beberapa yang sudah mengambil SKM (Sarjana Kesehatan Masyarakat). Tetapi kita tetap prioritaskan untuk mengambil DIII Kebidanan, karena itu merupakan pendidikan profesional untuk profesi pelayanan,' terang dia.

Menurut Armelin, dalam hal meningkatkan pendidikan bidan di Gumas. pihaknya akan bekerja sama dengan Pengurus Daerah (PD) IBI Kalimantan Tengah (Kalteng) maupun Pemerintah Kabupaten Gumas. 'Kita harapkan pada 2020 tidak ada lagi teman kita (bidan) yang tidak berpendidikan DIII Kebidanan. Jadi semuanya bisa memegang pasien, bukan sebagai penonton.'

Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Gumas, Suprapto Sungan mengatakan, usia IBi yang ke-65 tahun merupakan usia yang sudah matang. Untuk itu diharapkan bidan di Gumas bisa menjalankan tugas dalam upaya meningkatkan kesehatan ibu dan anak.

'Dengan kehadiran bidan, kita berharap masyarakat Kabupaten Gunung Mas yang tersebar di 127 desa/kelurahan dapat terlayani dengan baik,' harap Suprapto.

Ketua panitia HUT IBI Gumas 2016, Yetri Rayunie menyampaikan, dalam pelatihan kompetensi untuk anggota IBI Gumas pihaknya mengundang tenaga profesional yang berkompeten di bidang kebidanan dari Palangka Raya. Dengan harapan, semua anggota IBI yang mengikuti pelatihan dapat lebih berkompeten dalam menjalankan tugas untuk melayani masyarakat. (EPRA SENTOSA/N).

Berita Terbaru