Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anak Berkebutuhan Khusus Perlu Perhatian dalam Pelayanan Pendidikan

  • Oleh Uriutu
  • 31 Agustus 2016 - 13:05 WIB

BORNEONEWS, Barito Selatan - Sebagai perwujudan hak asasi manusia serta dalam rangka mensukseskan program wajib belajar 12 tahun, anak berkebutuhan khusus perlu diperhatikan, terutama dalam hal pelayanan pendidikan. Mereka tersebar tidak hanya di perkotaan, tetapi juga di perdesaan.   

'Selama ini layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus banyak diselenggarakan di Sekolah Luar Biasa (SLB), karenanya ke depan perlu dipikirkan agar layanan pendidikan bisa dilaksanakan di luar SLB,' kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Barito Selatan (Kadis Dikbud Barsel), Raden Sudarto kepada Borneonews, Rabu (31/8/2016).   

Ia mengatakan, anak-anak berkebutuhan khusus banyak tersebar dipedesaan dan kota kecamatan, artinya tidak hanya terdapat di ibukota kabupaten saja. Dia menyesalkan, karena lokasi SLB letaknya jauh dari tempat tinggal serta kemampuan ekonomi orang tua yang lemah, terpaksa anak-anak berkebutuhan khusus tidak disekolahkan. 

Sementara kendala lainnya, lanjut dia,  bagi anak berkebutuhan khusus mau bersekolah di sekolah umum terdekat, justru sekolah tersebut belum memiliki kesiapan untuk menerima anak berkebutuhan khusus.  (Uriutu Djaper/N).

'

Berita Terbaru