Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Gunung Mas Lakukan penataan dan Pemerataan Guru

  • 08 September 2016 - 15:44 WIB

BORNEONEWS, Gunung Mas - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Pemkab Gumas) telah melakukan pemerataan dan penataan guru pegawai negeri sipil (PNS) di wilayah kabupaten bermoto Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau itu. Hal tersebut sesuai Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

"Proses penataan penempatan guru tersebut sudah dilaksanakan sebagaimana terbitnya SK Bupati Gunung Mas tanggal 19 Februari 2016," kata Bupati Gunung Mas, Arton S Dohong saat menyampaikan jawaban pemerintah terhadap pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Gumas dalam Rapat Paripurna DPRD Gumas, Rabu (7/9/2016).

Menurut Arton, penataan dan pemerataan guru sebagai upaya optimalisasi pemberdayaan guru PNS, untuk memenuhi beban kerja minimal 24 jam mengajar per minggu. Di samping itu sebagai bentuk penyegaran, pemberian kesempatan yang sama bagi semua guru, promosi dan peningkatan mutu pendidikan.

"Perencanaan kebutuhan guru PNS dilakukan berdasarkan laporan dari satuan pendidikan tentang guru, jenis guru, jumlah peserta didik, jumlah rombongan belajar, jam mata pelajaran yang mengacu pada struktur kurikulum. Hal ini dapat dilihat di data pokok pendidikan dasar (Dapodikdas) sebagai satu-satunya aplikasi pendataan yang ada di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan," terangnya.

Menurut Arton, perencanaan kebutuhan guru dilakukan berdasarkan sipat, tugas dan kegiatan guru, meliputi guru kelas, guru mata pelajaran dan guru BK/bimbingan korseling. Untuk itu, lanjut dia, dalam menjalankan amanat UU Nomor 6 Tahun 2015 tentang Guru dan Dosen.

"Penataan pemerataan guru harus didukung oleh semua pihak dengan tujuan untuk di Kabupaten Gunung Mas," cetus dia.

Arton melanjutkan, untuk saat ini Dinas Pendidikan Kabupaten Gumas sebagai dinas teknis tetap berkomitmen agar penataan guru terus dilakukan. Dengan harapan mutu dan kualitas pendidikan di Gumas dapat meningkat. Sehingga sember daya manusia (SDM) ke depan lebih baik lagi. (EPRA SENTOSA/N).

Berita Terbaru