Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kajari Sukamara Tekan Kasus Korupsi Aparat Desa

  • Oleh Norhasanah
  • 14 Desember 2016 - 12:19 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Kejaksaan Negeri Sukamara berusaha menekan kasus korupsi di wilayah Kabupaten Sukamara, khuhusnya untuk pemerintah desa. Besarnya arus dana ke desa-desa, sehingga pihak kejaksaan melakukan pengawalan pengelolaan anggaran bagi aparat desa. Dalam menangani kasus korupsi kejaksaan juga menerapkan sistem preventif, mencegah sebelum terjadi.

'Sistem itu seperti kita melaksanakan Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan, Pembangunan dan Daerah (TP4D) dan sosialiasi kesekolah-sekolah, selain itu yang lebih penting lagi melakukan penyuluhan di kantor desa dan kelurahan,' kata Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sukamara, Stanley Yos Bukara, Selasa (13/12/2016).

Stanley mengemukakan, melakukan sosialisasi di desa dan kelurahan adalah salah satu cara pihaknya untuk mengingatkan kepada aparat desa untuk selalu berhati-hati dalam mengelola keuangan desa yang jumlahnya saat ini cukup besar.

'Karena anggaran desa yang diterima setiap tahun semakin besar. Untuk itu perlu kita mengawal dengan melakukan tindak-tindak pencegahan agar aparat desa di Kabupaten Sukamara tidak ada yang tersandung kasus korupsi karena mengelola uang desa,' ujar Kajari Sukamara, Stanley Yos Bukara.

Menurutnya meskipun esensi dari korupsi itu adalah mengembalikan uang negara yang telah diambil namun pihaknya tetap mengutamkan penangan-penangan dengan cara utama yakni preventif, sehingga tindakan korupsi dapat dicegah dengan mengingatkan pemerintah desa melalui sosialisasi yang terus di gelar.

Stanley juga mengatakan dalam menangani kasus korupsi, pihaknya memiliki target sebanyak 3 kasus untuk tahun 2016 ini, dan saat ini sudah ada tiga kasus yang pihaknya tangani.

'Karena masih dalam proses kita belum bisa mempublikasikannya, namun untuk tahun ini sudah sesuai dengan target.' Tutup Stanley Yos Bukara.  (MG-13/N).

Berita Terbaru