Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

HKTI Gunung Mas Harus Bisa Perjuangkan Kepentingan Petani

  • 15 Desember 2016 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Kehadiran Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) di Kabupaten Gunung Mas (Gumas) harus bisa memainkan peran dan fungsinya selaku organisasi frofesi yang memfasilitasi dan memperjuangkan kepentingan petani, sehingga tercapai peningkatan kesejahteraan petani.

'HKTI Kabupaten Gunung Mas hendaknya memahami tiga fungsi utama keberadaannya. HKTI harus bisa menjalankan fungsi advokasi, pendampingan dan pembelaan terhadap kepentingan petani disemua sektor,' ujar Bupati Gumas Arton S Dohong saat membuka Musyawarah Kabupaten Ke-II HKTI Kabupaten Gumas di auala Hotel Lising, Kuala Kurun, Rabu (14/12/2016). 

Menurut Arton, fungsi dan bimbingan perlu diberikan kepada petani sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan fungsi motivator serta dinamisator. Hal itu untuk dapat memberi motivasi dan pemahaman kepada seluruh stakeholder pertanian, sehingga semakin memajukan dunia pertanian di wilayah kabupaten bermoto Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau.

'Sektor pertanian dalam arti luas di Kabupaten Gunung Mas memiliki potensi yang sangat besar, kususnya tanaman pangan yang diusahakan di Kabupaten Gunung Mas yakitu empat irigasi yakni Irigasi Sakata tewah, Irigasi Sakata Juri, Irigasi Guhung Rawai dan Irigasi desa Hurung bunut, dengan luasan kurang lebih 2.210 hektar,' terang dia.

Arton berharap, melalui musyawarah daerah HKTI Gumas dapat terpilih pengurus yang benar-benar mampu memperjuangkan para petani di Gumas dan bisa menjalin koordinasi yang baik dengan pemerintah daerah. Dengan demikian, program HKTI dapat berjalan seperti yang diharapkan.

Di tempat yang sama Ketua Dewan Pengurus Kabupaten (DPK) HKTI Kabupaten Gumas sebelumnya, Jaya S Monong menyatakan, ia mengharapkan dalam musda kali ini akan terpilih ketua HKTI yang baru. Hal tersebut agar ada regenerasi dalam organisas HKTI di Kabupaten Gumas.

'Saya berharap ketua HKTI hanya satu periode saja, kemudian berganti dengan yang baru sehingga ada regenerasi. Kita harapkan HKTI Gunung Mas bisa lebih maju lagi,' ujar Jaya.

Ketua Panitia Musda Bambang Saruji menyampaikan, yang terlibat dalam musda itu pengurus HKTI dari 10 kecamatan. Sementara dana penyelengaraan kegiatan itu hanya dari sumbangan dari pengurus HKTI dan donator. (EPRA SENTOSA/m))

Berita Terbaru