Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Palangka Raya Disiapkan menjadi Kota Wisata

  • Oleh Testi Priscilla
  • 15 Desember 2016 - 00:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Kota Palangka Raya mempersiapkan Kota berjuluk "Kota Cantik" ini menjadi Kota Wisata.

Hal ini terungkap dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) "Optimalisasi Palangka Raya menuju Kota Wisata yang Diminati Wisatawan Nusantara dan Mancanegara" kerjasama Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, Pemerintah Kota Palangka Raya dan Universitas Gajah Mada di Peteng Karuhei II, Rabu (14/12/2016).

Kegiatan yang dihadiri para pelaku usaha tradisional, pemilik usaha penginapan, tokoh adat serta tokoh masyarakat ini dipimpin langsung oleh dua unsur terpenting kota ini yaitu Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia dan Wakil Wali Kota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio.

"Kita perlu sesuatu yang bisa ditonjolkan dari Kota ini. Apa yang bisa membuat Kota Palangka Raya dikenal. Orang bisa datang tanpa diundang, memberi tanpa diminta," ungkap Riban dalam pengantarnya.

Mofit yang baru pulang dari Taiwan dalam rangka pembelajaran juga memaparkan hasil dari pembelajarannya di sana.

"Awalnya kami mau melaporkan secara terpisah kepada Wali Kota, tapi begitu Saya dapat undangan ini saya rasa FGD inilah yang paling pas untuk mewadahi laporan kami ini," ungkap Mofit mengawali pemaparannya.

Ia mengatakan, saat menerima undangan semacam iklan dari kegiatan yang dibentuk oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UGM serta cultur university dengan Taiwan, pihaknya bingung tidak menemukan apa keterkaitan antara ilmu politik dengan kemajuan pariwisata.

"Kami pikir ke sana itu bisa jalan-jalan tapi ternyata selama empat hari penuh kami belajar. Mulai belajar di UGM, kemudian belajar pula di Taiwan tepatnya di Tainan, di sana kami harus melaporkan minimal dua rencana yang bisa menarik wisatawan," cerita Mofit.

Akhirnya tim memutuskan untuk mengeluarkan dua program yang disampaikan dalam pembelajaran tersebut yaitu bagaimana memasarkan Oxbow Lake dan bagaimana memasarkan Tiwah.

"Tanpa kami sadari ternyata seluruh peserta melihat paparan kami. Istilahnya 'bakaramput sedikit' asal kisahnya seru. Kita ceritakanlah bahwa oxbow lake ini hanya ada di Indonesia. Di Indonesia hanya ada di Riau dan Kalteng. Dan di Kalteng hanya ada di Palangka Raya," tutup Mofit. (TESTI PRISCILLA/m)

Berita Terbaru