Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Tetapkan Pilkades Serentak 9 April 2017

  • Oleh Rafiuddin
  • 19 Desember 2016 - 21:45 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Setelah beberapa kali diundur, akhirnya Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur menetapkan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 81 desa, berlangsung 9 April 2017. Meski diakui masih banyak kendala di lapangan, tetapi penentuan tanggal sudah bulat disepakati.

"Insya Allah pelaksanaan Pilkades serentak akan dilaksanakan 9 April," kata Asisten I Setda Kotim, Sugian Noor usai memimpin rapat persiapan pemilihan kepala desa serentak, di Sampit, Senin (19/12/2016).

Dia mengakui, meski banyak kendala yang dihadapi dalam persiapan pemilihan kepala desa serentak ini. Namun pemerintah daerah akan melakukan evaluasi untuk mencari solusinya. Karena hasil rapat tersebut, disepakati tidak ada penundaan pelaksanaan sesuai jadwal pada 9 April 2017. 

Dalam persiapan pemilihan kepala desa serentak di Kotim ini, berbagai masalah dikemukan tim, terutama masalah pendataan pemilih yang dinilai rawan memicu konflik saat digelarnya pemilihan. Apalagi jika ada warga desa setempat yang belum memiliki kartu tanda penduduk setempat.

Seperti tertuang disalah satu poin dalam 'Peraturan Daerah Nomor 4/2016 tentang pemilihan kepala desa serentak. Seorang pemilih harus memiliki kartu tanda penduduk dan nomor induk kependudukan yang sudah terdaftar. Sementara masih banyak warga di daerah itu yang belum memiliki kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

Sementara itu, Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMDes) Kotim, Juliansyah mengatakan, saat ini proses persiapan pemilihan kepala desa serentak tetap berjalan sesuai jadwal. Adapun kendala yang dihadapi karena adanya mis komunikasi, sehingga masalah itu diakui tidak akan menganggu jalannya pilkades.

"Kalaupun ada desa yang pemilihan kepala desanya tertunda maka akan dilaksanakan 2018 pemilihan di desa tersebut. Tapi kami yakin semua akan berjalan dengan baik," katanya.

Dari data Badan Pemebrdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMDes) Kabupaten Kotawaringin Timur, 'sebanyak 81 desa yang tersebar di  16 kecamatan didaerah itu yang akan menggelar pemilihan kepala desa serentak. Saat ini tahapan mulai berjalan dimulai dengan pendataan pemilih. (RAFIUDIN/N).

'

Berita Terbaru