Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ada Perubahan Gaya Hidup di Balik Naiknya Permintaan Daging Ayam

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 13 Januari 2017 - 19:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Ada hal menarik di balik kenaikan permintaan daging ayam di pasaran. Yakni, berubahnya pola konsumsi masyarakat Palangka Raya dan Kalimantan Tengah (Kalteng) pada umumnya. Perubahan gaya hidup dan gaya konsumsi masyarakat ini dipengaruhi oleh peningkatan kesejahteraan masyarakat Kalteng.

Demikian disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Distribusi Statistik, Badan Pusat Statistik (BPS) Kalteng Bambang Supriono saat ditemui Borneonews di kantornya, Jumat (13/1/2017). "Kenapa tradisi unik setiap Desember hingga akhir tahun selalu inflasi naik, begitu pula jelang hari besar keagamaan, adalah karena berubahnya persepsi terhadap gaya hidup dan gaya konsumsi akibat kesejahteraan yang meningkat," kata dia.

Menurut Bambang, naiknya kesejahteraan akan diikuti persepsi kenyamanan dan gaya hidup. Sehingga menyebabkan pola konsumsi berubah. Cerminan persepsi konsumsi masyarakat Indonesia berpengaruh terhadap kualitas hidup mereka.

Berdasarkan pengamatannya, hampir setiap daerah di Indonesia yang kesejahteraannya meningkat selalu terjadi perubahan gaya hidup dan pola konsumsi masyarakatnya. Ini bisa dilihat dari indeks konsumsi.

Hal itu tidak bisa dipungkiri dan cara mengatasinya adalah memperbaiki kesiapan atau ketersediaan barang konsumsi di pasaran. 'Trend indeks harga konsumen (IHK) memang seperti itu. Sepanjang Demand (Permintaan) tinggi, itu menjadi berkah, sepanjang suplai (penawaran/ketersediaan) di maintenance dengan baik,' katanya mengingatkan. (M ROZIQIN/B-8)

Berita Terbaru