Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dana Besar Harus Mampu Gali Keunggulan Desa

  • 13 Januari 2017 - 20:23 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dana besar yang digelontorkan pemerintah kepada desa harus mampu mendorong setiap desa untuk membangun keunggulan komparatif atau menggali potensi masing-masing desa.

"Dengan demikian, perekonomian desa dapat ditingkatkan melalui peningkatan potensi masing-masing desa," beber Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Rustam Efendi kepada Borneonews, di ruang kerjanya, Jumat (13/1/2017).

Rustam mengatakan, pembangunan keunggulan desa dapat dilaksanakan dengan memanfaatkan dana desa. Dana itu harus diarahkan untuk membangun keunggulan masing-masing desa.

"Kita dorong setip desa harus punya keunggulan komparatif yang berbeda-beda dengan desa lainnya," ujarnya.

Menurutnya, dengan keunggulan tersebut maka desa-desa akan memiliki daya tawar tersendiri. "Ini prioritas yang harus kita kawal," ucapnya.

Selain itu, program perekonomian desa harus dapat dilembagakan. Oleh karena itu pihaknya mendorong pendirian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di masing-masing desa.

"Ini gagasan orisinil yang harus dikawal untuk peningkatan perekonomian desa," ungkapnya.

Lebih lanjut, Ia berharap agar desa juga membangun sarana prasarana dibidang olahraga. Hal tersebut dinilai sebagai salah satu upaya untuk menekan angka urbanisasi generasi muda dari desa ke kota.(FAHRUDDIN FITRIYA/B-8)

Berita Terbaru