Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Teknik dan Cara Berdiri yang Benar dalam Olahraga Memanah

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 21 Januari 2017 - 17:51 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Olahraga memanah cukup diminati sejumlah kalangan di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Oleh sebab itu, Borneonews kali ini mencoba mencari tahu ragam teknik dan cara berdiri yang benar untuk melakukan olahraga memanah, dengan mewawancarai salah satu angota komunitas panahan di Kota Sampit yang tergabung dalam Imam Syafi'I Archery Club Sampit yang bernama Rian.

"Ada tiga cara dasar dalam memanah, dan itu harus diketahui oleh pemanah yang masih pemula," ujar Rian, Sabtu (21/1/2017).

Tiga dasar tersebut adalah, untuk yang pertama berdiri dengan posisi menyamping. Dimana pada posisi teknik ini adalah berdiri dengan menyampingi sasaran sejajar dengan bahu kiri. Teknik ini cocok bagi seseorang yang sedang berada di dataran tinggi.

Teknik yang kedua adalah berdiri dengan posisi frontal, di mana sasaran diletakkan tepat di tengah kedua mata, dan kedua kaki pemanah berjarak selebar telapak tangan. Cara ini cocok untuk membidik target jarak dekat dengan busur yang lemah, karena akan memberikan akurasi yang tepat.

Sedangkan teknik yang ketiga adalah berdiri dengan posisi pertengahan. Posisi pemanah dalam teknik ini antara menyamping dan frontal, yang mana sasaran disejajarkan dengan mata kiri dan kedua kaki pemanah jaraknya selebar satu jengkal. Cara ini cocok digunakan untuk berburu.

Dengan menguasai teknik tersebut, maka pemanah bisa menggunakan hobinya tersebut dalam kondisi yang tidak terduga. (M HAMIM/B-2)

Berita Terbaru