Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU akan Segera Lakukan Pelipatan Surat Suara Pilkada Kobar 2017

  • Oleh Raden Aryo Wicaksono
  • 22 Januari 2017 - 19:51 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Berbagai bahan logistik untuk pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Tahun 2017, telah dipersiapkan. Termasuk surat suara. Dalam waktu dekat, ratusan ribu lembar surat suara yang kini tersimpan di gudang penyimpanan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kobar itu akan segera dilakukan pelipatan.

Komisioner KPU Kobar, Samijan menjelaskan, surat suara untuk Pilkada Kobar Tahun 2017 sudah selesai dicetak dan sudah didistribusikan kepada KPU. Namun, Samijan mengaku belum bisa memberi kepastian mengenai jumlah lembar surat suara tersebut. Sebab, hingga kini ratusan ribu surat suara tersebut masih tersimpan dalam paket dus dan belum dilakukan pembongkaran.

"Pembongkaran dan pelipatan surat suara itu rencananya akan kita lakukan setelah Bimtek. Bimteknya tanggal 24 besok. Jadi pelipatan surat suara itu kira-kira tanggal 25 Januari. Sesuai ketentuan maksimal harus selesai dalam waktu 4 hari," kata Samijan, Minggu (22/1/17).

Surat suara yang didistribusikan tersebut, lanjut samijan, sudah termasuk surat suara cadangan berjumlah 2,5 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT), dan surat suara cadangan untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU). Paket surat suara tersebut totalnya berjumlah 92 dus. Tiap dus, lanjut Samijan, diperkirakan berisi kurang lebih 2000 lembar surat suara.

"Ada 92 dus surat suara yang kita terima. Di dalam tiap dus itu biasanya berisi 2000 lembar surat suara. Tapi sepertinya ada beberapa dus yang kurang dari 2000 lembar. Yang kita terima itu sudah termasuk surat yang 2,5 persen dari jumlah DPT itu dan surat suara untuk PSU. Itu kita terima tanggal 13 Januari kemarin." (RADEN ARIYO WICAKSONO/B-8)

Berita Terbaru