Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotawaringin Timur Diminta Optimalkan Pertanian Dalam Arti Luas dan Pariwisata

  • Oleh M. Rifqi
  • 02 Februari 2017 - 12:12 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi II DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Otjim Supriatna mengatakan, ke depan pemerintah kabupaten harus lebih fokus dalam mengoptimalkan pertanian dalam arti luas dan sektor pariwisata. Sebab, sebagaimana daerah yang memiliki sumber daya alam (SDA), tidak bisa selamanya mengandalkan pendapatan daerah dan pertumbuhan ekonomi masyarakat dari SDA.

"Mengoptimalkan pertanian dalam arti luas dan pariwisata merupakan langkah solutif yang harus diseriusi pemkab," kata dia, Kamis (2/1/2017).

Menurutnya, kedua sektor tersebut memiliki potensi besar untuk menjadi penyangga ekonomi daerah. Sebab, sektor pertanian dalam arti luas dan pariwisata apabila berkembang akan mampu menyerap tenaga kerja dan menumbuhkan usaha-usaha kreatif masyarakat.

"Karena itu saya selalu menekankan pentingnya membangun sektor tersebut. Jangan sampai kita mengabaikan pertanian karena memperkuat sektor industri dan jasa," ujar dia.

Otjim menjelaskan, setiap tahun sektor pertanian dalam arti luas dan pariwisata memang selalu menjadi salah satu program prioritas pembangunan daerah. Namun, hal ini tentunya bukan sekedar pencantuman, tetapi harus diikuti dengan dikungan nyata berupa program-program yang menunjang pembangun sektor tersebut.

"Kedua sektor itu harus ditunjang dengan dukungan anggaran dan program nyata. Sehingga bisa menjadi lokomotif ekonomi Kotim kedepannya," kata dia. (M RIFQI/B-5)

Berita Terbaru