Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Perintahkan Proyek Pelabuhan Batanjung dan Jalan Tumbang Samba Dipending Dulu, Ada Apa

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 03 Februari 2017 - 13:14 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran mengharapkan pembangunan Pelabuhan Batanjung, Kabupaten Kapuas dipending dulu. Permintaan yang sama juga disampaikan gubernur untuk pembangunan jalan Tumbang Samba, Kabupaten Katingan. Alasan Sugianto karena rencana pembanguan kedua obyek itu belum prioritas.

Sugianto menyebut di Kalteng masih banyak obyek pembangunan yang lainnya lebih prioritas dilaksanakan ketimbang membangun Pelabuhan Batanjung dan jalan Tumbang Samba. Penegasan ini disampaikan saat pertemuan dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XI Wilayah Kalimantan di aula Eka Hapakat, Kamis (2/2/2017).

Gubernur meminta sebelum membuat perencanaan yang akan dibangun oleh pemerintah pusat melalui Balai Besar Jalan agar dikoordinasikan terlebih dulu dengan Pemprov Kalteng agar tidak asal nyelonongdan sama-sama bisa menentukan mana yang prioritas dan belum prioritas.

"Kalau membangun pelabuhan laut, loh kenapa tidak dituntaskan dulu Pelabuhan Samudera Teluk Segintung lalu yang di Tumbang Samba, ada apa bangun jalan mulus di sana siapa yang dilayani, wong kegiatan ekonomi tidak banyak di sana," ucapnya.

Di sis lain Sugianto juga meminta mereview ulang proyek Batanjung karena hitung-hitungan gubernur akan memakan banyak anggaran terbuang ketimbang menggarap Segintung hingga selesai. Juga dinilai tak sebanding uang yang dikeluarkan dengan manfaat yang diterima pemerintah daerah maupun masyarakat.

"Batanjung akan sisakan PR bagi pemerintah. Mau habis berapa triliun lagi duit untuk di sana. Sebab ternyata itu masih harus dikeruk lagi alurnya yang butuh sekitar Rp7 triliun. Lalu masih butuh pembangunan jalan sepanjang 52 Km lagi baru sampai pelabuhan, ini perlu Rp9,6 triliun. Lalu untuk pemasukan daerah apa mari kita berhitung lagi," katanya.

Begitu pula dengan  ruas Tumbang Samba. Menurut gubernur jalan yang mengarah ke sana tidak terlalu produktif dan layanan administratif saja, sehingga perlu ditunda. "Kalau jembatannya tidak masalah, cuma jalannya minimal bikin pengerasan saja dulu supaya tetap fungsional. Ini agar alokasi anggaran yang tersisa bisa digunakan atau diberikan kepada proyek lain. Uang sebanyak itu apa tidak disisakan untuk rehab jalan lainnya saja," tegasnya. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru