Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komisi X DPR RI Prihatin Jumlah Anak Didik SMKN 5 Palangka Raya Cuma 40 Siswa

  • Oleh Rokim
  • 04 Februari 2017 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Rombongan Komisi X DPR RI meninjau SMKN 5 Kota Palangka Raya mendapati fakta yang sangat memprihatinkan. Kenapa ternyata jumlah siswa sekolah kejuruan bidang pertanian, peternakan, dan kesehatan hewan itu kian berkurang setiap tahun.

"Saat ini anak didiknya tinggal 40 siswa. Satu kelas ada yang diisi siswa, sedangkan gurunya 23 orang," tutur Ketua Rombongan Komisi X DPR RI, Abdul Fikri kepada Borneonews.co.id di Bandara Tjilik Riwut sebelum terbang ke Jakarta, Jumat (3/2/2017) sore.

Kenapa SMKN 5 kurang diminati Komisi X DPR RI akhirnya mengetahui akar masalahnya. Lokasi sekolah jauh dari kota. Letaknya di Jalan Maduhara, Kelurahan Sebangau. Dari jalan raya sekitar 3 Km.

"Meski akses menuju ke sekolah sudah enak dan biaya ditanggung pemerintah, tapi tetap susah, karena mereka harus mikirkan angkutan cuma sampai jalan raya, sedangkan lokasi sekolah masih masuk lagi ke dalam," tuturnya.

Lantaran lokasinya jauh dari kota, Abdul Fikri malah punya istilah lokasi SMKN 5 seperti jin buang anak, karena wilayahnya masih belum banyak perumahan dan kanan-kiri jalan masih banyak hutannya.

Komisi X DPR RI pun merekomendasikan kepada pemerintah agar SMKN 5 Palangka Raya direlokasi ke tempat lain untuk mendekatkan dengan warga. Pilihan lainnya jurusan yang dibuka harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Diberitakan, kunjungan Komisi XDPR RI ke Kalimantan Tengah, khususnya Kota Palangka Raya itu dalam rangka meninjau kondisi sarana dan prasana pendidikan sekolah dasar hingga SMA sederajat. (ROKIM/B-6)

Berita Terbaru