Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sungai Sekonyer Harus Segera Direhabilitasi

  • Oleh Raden Aryo Wicaksono
  • 06 Februari 2017 - 21:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pencemaran limbah penambangan liar di Sungai Sekonyer, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) sudah mengkhawatirkan. Rehabilitasi sungai itu perlu segera dilakukan.

Dekan Fakultas Pertanian Universitas Antakusuma (Untama) Pangkalan Bun, Geger Suharmono menyatakan, pencemaran limbah tambang tak mudah diatasi. Ia mengatakan, utuh waktu lama untuk memulihkan lingkungan yang sudah terlanjur tercemar zat kimia berbahaya yang dihasilkan aktivitas pertambangan.

"Kalau air dan lingkungan desa itu juga sudah tercemar limbah tambang, maka tak boleh dibiarkan. Harus ada sikap dan upaya nyata. Yaitu rehabilitasi sungai. Rehabilitasi dimaksud, termasuk menghentikan segala aktivitas tambang. Sebab pemulihan lingkungan itu butuh waktu dan proses yang panjang," kata Geger Suharmono, akhir pekan lalu.

Rehabilitasi sungai itu, lanjut Geger, juga harus dibarengi dengan penelitian mendalam. Utamanya demi memperoleh kepastian tentang sejauh mana pencemaran limbah tambang terjadi di sungai yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Tanjung Puting itu. Baik radius, maupun tingkat keparahan pencemaran lingkungan yang terjadi dan potensi buruk apa saja yang dapat terjadi. Ini berhubungan dengan upaya penanganan dan pemulihan yang akan atau dapat dilakukan. (RADEN ARIYO/B-10)

Berita Terbaru