Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Safwan Mundur sebagai PIC Perpuseru Kobar

  • Oleh Wahyu Krida
  • 10 Februari 2017 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Program Perpuseru telah berkontribusi besar memajukan dan membuat beprestasi Perpusataan Daerah (Perpusda) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), yang dikelola Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kobar. Dan orang yang berperan besar di balik Perpuseru di balik Perpusda Kobar adalah Safwan.

Namun, kabar mengejutkan tersiar dari akun Facebook Sekretaris DPK Kobar itu, Jumat (10/2/2017). Ia menulis pemberitahuan bahwa dirinya tidak lagi menjadi Person In Charge (PIC) atau Penangung Jawab Program Perpuseru mulai 1 Februari 2017.

Sontak kabar tersebut membuat heboh kolega dan mitra DPK Kobar.

"Malah ada yang mengira saya pindah tugas ditempat lain. Namun sebenarnya bukan seperti itu. Saya hanya menyatakan diri mengundurkan diri sebagai PIC, namun masih tetap sebagai sekretaris Dinas DPK Kobar. Ada banyak pertimbangan kenapa hal ini harus dilakukan," ujar Safwan Jumat (10/2/2017).

Ia mengatakan menerima tugas sebagai PIC Program Perpuseru pada 2013 sebagai upaya untuk mempercepat kemajuan pengembangan perpustakaan. "Karena waktu itu hanya saya sebagai Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) yang mengemban tugas sebagai PIC. UNtuk daerah lain tugas tersebut diserahkan pada pejabat setingkat kepala bidang," jelas Safwan.

Saat itu Safwan berpendapat, dengan dirinya menjabat sebagai PIC, pengembangan perpustakaan bisa berlangsung maksimal. "Karena di daerah lain banyak ketidaksesuaian antara program yang dilakukan PIC dengan kepala kantornya sendiri. Jadi kesimpulan saya sebaiknya memang yang menjadi PIC adalah orang yang menjabat sebagai kepala kantor," jelasnya.

Namun, karena saat ini Program Perpuseru sudah berlangsung, dan telah berhasil, ia berharap agar ada orang lain yang bisa menggantikan dirinya sebagai PIC. "Sehingga ini menjadi pembelajaran baru pada yang bertugas sebagai PIC, untuk bisa mengembangkan perpustakaan lebih baik lagi di masa selanjutnya. Saat ini yang menjadi PIC Perpuseru adalah Kepala Bidang Pembinaan Perpustakaan, Pembudayaan Kegemaran Membaca dan Layanan DPK Kobar, Mustari," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-10)

Berita Terbaru